Manfaat Bersihkan Kerikil yang Terselip di Ban Motor Sambil Ngabuburit

SumberBerita.net – Bisa dikerjakan sambil mengisi waktu ngabuburit di bulan puasa, ini manfaat bersihkan kerikil yang terselip di alur tapak ban motor.

Tanpa disadari, kerikil di jalan bisa terselip di dalam alur tapak ban motor ketika motor dipakai berkendara.

Meskipun kedengarannya sepele, kerikil yang terselip di ban motor bisa mempengaruhi masa pakai dan fungsi ban itu sendiri.

“Kalau ditemui ada batu kerikil yang terselip sebaiknya segera dicungkil dari ban, karena bisa mengganggu fungsi dan merusak ban kalau dibiarkan,” terang Arie Soetrisno, dari Ree Ban Motor, Lebak Bulus, Jakarta Selatan

Secara fungsi, daya cengkram ban bisa berkurang akibat saluran got air pada tapak ban terhalang selipan kerikil tersebut.

Jika terus dipakai dalam kondisi ada kerikil terselip, kerikil bisa tertekan ke dalam tapak dan membuat ban benjol atau sobek.

“Untuk mencungkil kerikil yang ada di tapak ban caranya mudah, bisa pakai obeng minus dan lakukan perlahan,” jelasnya.

Peluang tapak ban terselip kerikil bisa lebih besar kalau jalan yang sering kalian lalui kondisinya berbatu atau berpasir.

Nah kalau tampak ban motor kalian sudah tampak ada kerikil yang terselip, langsung segera bersihkan tuh supaya dampak negatif diatas enggak sampai kejadian.

Sambil membersihkan kerikil yang terselip, kalian juga bisa sekalian periksa kondisi ban di motor jika ada tanda keausan dan waktunya diganti baru bro.(gridoto)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *