5 Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Jaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

SumberBerita.net – Air kelapa dengan rasanya yang manis mampu memberikan kesegaran secara alami. Air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Kandungan gula dalam air kelapa jauh lebih sedikit dari minuman bersoda dan beberapa jus buah. Selain itu, air kelapa juga memiliki lebih sedikit kalori, natrium, dan lebih banyak kalium dibandingkan minuman olahraga. Meski demikian, Lilian Cheung, DSc, dari Harvard School of Public Health mengatakan, minum air kelapa dengan jumlah banyak dalam satu hari dapat menambah asupan kalori secara cepat. Terdapat beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan, di antaranya adalah menghidrasi tubuh, mengurangi natrium, dan menambah asupan kalium.

berikut adalah manfaat air kelapa untuk kesehatan

  1. Pengganti minuman berkalori

Dalam satu cangkir air kelapa, hanya terdapat 45 kalori sehingga air kelapa baik untuk pengganti minuman berkalori tinggi seperti soda dan jus buah. Air kelapa memiliki banyak mineral dan elektrolit seperti natrium dan kalium. Selain itu, kandungan gula dan karbohidrat dalam air kelapa pun lebih sedikit dibandingkan kebanyakan jus.

2. Menjaga keseimbangan cairan

Air kelapa memiliki lebih dari 10 kali lipat jumlah kalium jika dibandingkan dengan kebanyakan minuman olahraga. Kalium membantu untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat berolahraga.

3. Membantu otot bekerja dengan baik

Air kelapa bukan sumber mineral yang terkonsentrasi, namun memiliki jumlah kalsium dan magnesium yang lebih banyak dari minuman olahraga dan jus buah. Bagi tubuh, kalsium berguna untuk membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik. Sementara itu, magnesium membantu memindahkan kalsium dan kalium ke dalam otot untuk membantu kontraksi dan relaksasi.

4. Melawan radikal bebas

Air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan stres oksidatif akibat radikal bebas. Carilah air kelapa yang segar untuk mendapatkan kadar antioksidan yang tinggi. Menurut sebuah penelitian, air kelapa yang diproses dan dipasteurisasi panas memiliki lebih sedikit antioksidan.

5. Sebagai elektrolit alami

Dibuat tanpa tambahan gula, pewarna, atau pemanis buatan, air kelapa cocok untuk pengganti minuman olahraga. Penelitian menunjukkan, air kelapa dapat berfungsi sebaik minuman olahraga dan mampu membuat tubuh tetap terhidrasi dan mengisi kembali cairan yang hilang.(kompas)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *